JAWABAN LATIHAN PEMAHAMAN MODUL 2 TOPIK 3 (PSE)
Soal 1 dari 5
Anda adalah guru
yang ingin mengajarkan konsep pertolongan pertama pada kecelakan kepada siswa
kelas 4 SD. Anda meminta para siswa untuk berkelompok dan melaksanakan Praktik
Bermain Peran (Roleplay) dengan cara; salah satu siswa pura-pura terluka ringan
dan yang lain menjadi penolong. Saat kegiatan berlangsung, para siswa terlihat
sangat antusias. Namun, banyak yang tidak memperhatikan arahan dari Anda.
Terlihat banyak siswa bermain-main saat roleplay hingga berlarian. Anda berusaha
menghentikan kegaduhan dan mengarahkan siswa kembali ke aktivitas yang lebih
terarah, tetapi sebagian siswa justru menjadi semakin gaduh, bahkan ada yang
menolak mengikuti instruksi Anda. Dalam situasi ini, apa tindakan yang Anda
lakukan?
|
JAWABAN |
BOBOT NILAI |
|
Menghentikan
kegiatan roleplay serentak dan meminta siswa bergantian melakukan roleplay di
depan kelas sehingga berjalan kondusif. Jawaban Anda |
5 |
|
Mencoba
memberikan contoh hasil roleplay yang menarik agar mereka memerhatikan Anda
dan kembali fokus menyelesaikan aktivitas roleplay . |
4 |
|
Menerapkan sistem
reward langsung, misalnya stiker atau pujian untuk siswa yang mengikuti
instruksi dengan baik saat kegiatan berlangsung. |
3 |
|
Menjadikan
kegiatan roleplay sebagai pekerjaan rumah dan mengimbau orang tua untuk
mengawasi sehingga pembelajaran berjalan kondusif. |
2 |
|
Menghentikan
kegiatan roleplay dan mengubahnya dengan memberikan meteri secara lisan yang
dapat membuat para siswa tenang. |
1 |
Soal 2 dari 5
Pak Andi adalah
wali kelas yang sering mengingatkan siswa untuk datang tepat waktu ke sekolah
dan masuk kelas sesuai jadwal. Namun, belakangan ini banyak siswa yang mulai
memprotes karena Pak Andi sendiri sering datang terlambat. Apabila ditelusuri,
keterlambatan Pak Andi bukan tanpa alasan, akan tetapi Pak Andi sedang merawat
orang tuanya yang sakit dan terkadang membutuhkan waktu yang lebih lama ketika
pagi hari sehingga Ia datang terlambat. Meskipun demikian, siswa tidak
mengetahui alasan keterlambatan tersebut sehingga mereka merasa ada
ketidaksesuaian antara ucapan dan tindakan Pak Andi. Jika Anda menjadi Pak
Andi, bagaimana cara menyikapi para siswa?
|
JAWABAN |
BOBOT NILAI |
|
Melakukan
evaluasi diri dan mencari solusi alternatif sehingga dapat berkomitmen untuk
datang tepat waktu ke sekolah. Jawaban Anda |
5 |
|
Menjadikan
masukan dari siswa sebagai bahan dalam melakukan refleksi diri dan menjadi
evaluasi dalam menjadi suri tauladan siswa. |
4 |
|
Mengapresiasi
siswa yang telah konsistensi datang tepat waktu, untuk membangun budaya
positif yang tidak tergantung sepenuhnya pada figur guru. |
3 |
|
Meminta bantuan
dari guru Bimbingan dan Konseling (BK) untuk memberikan pemahaman
kedisiplinan waktu kepada siswa. |
2 |
|
Tetap konsisten
mengingatkan siswa untuk datang tepat waktu ke sekolah dan mengimbau mereka
untuk tidak mengikuti tindakan Anda. |
1 |
Soal 3 dari 5
Bu Indah adalah
guru kelas 6 SD. Dalam tugas kelompok, Bu Indah memperhatikan bahwa siswanya,
yaitu Danu dan Ninda bertengkar akibat adanya perbedaan pendapat. Anda mencoba
melerai dan membimbing mereka agar saling menghargai pendapat satu sama lain.
Namun, Danu berpendapat bahwa Ninda selalu ingin mengambil alih semua keputusan
dan menolak ide dari anggota kelompok lainnya. Sementara Ninda merasa bahwa
pendapat dari anggota lain tidak sesuai dengan intruksi tugas, Ia juga
menginginkan pekerjaan kelompok ini cepat selesai dengan mengikuti cara-cara
darinya. Alhasil, antara Danu dengan Ninda tidak ada yang ingin mengalah dan
meminta maaf satu sama lain. Dalam situasi ini, tindakan apa yang sebaiknya
dilakukan oleh Bu Indah agar Danu dan Ninda dapat menunjukan keterampilan
sosial dalam bekerja sama?
|
JAWABAN |
BOBOT NILAI |
|
Menginisiasi sesi
refleksi diri untuk para siswa dalam bekerja kelompok dan pentingnya
mendengarkan dan menghargai satu sama lain. Jawaban Anda |
5 |
|
Memberikan aturan
dalam berkelompok dengan menetapkan waktu khusus brainstorming ide untuk
seluruh anggota kelompok secara adil. |
4 |
|
Memberikan Danu
dan Ninda tugas dengan bagian yang berbeda sehingga mereka bisa tetap
berkontribusi tanpa saling berkonflik satu sama lain. |
3 |
|
Memberikan
teguran yang konstruktif untuk Danu dan Ninda agar dapat menghargai pendapat
satu sama lain dan mengambil keputusan bersama. |
2 |
|
Menghargai
pendapat mereka dan mempercayai bahwa seiring waktu Danu dan Ninda dapat
berubah dan bisa saling menghargai pendapat satu sama lain. |
1 |
Soal 4 dari 5
Dalam rangka
membangun school well-being, Anda mengusulkan pembentukan Satuan Tugas (satgas)
Anti-Perundungan. Pada awalnya, program ini disambut baik oleh para guru dan
siswa hingga banyak di antara mereka mendaftarkan diri sebagai anggota satgas.
Namun, tim dari perwakilan guru khawatir jika nantinya tidak dapat meluangkan
waktu untuk membina dan menjalankan tugasnya di satgas karena beban mengajar
yang tinggi. Kondisi ini juga dikhawatirkan akan berdampak pada efektifitas
program-program yang akan dilaksanakan nantinya sehingga dampak nyata dari
keberadaan satgas tidak sepenuhnya terasa. Melihat situasi ini, tindakan apa
yang Anda lakukan?
|
JAWABAN |
BOBOT NILAI |
|
Bersama-sama
mengkaji program dengan menyesuaikan kondisi para anggota sehingga program
tetap memiliki dampak dan berjalan efektif. Jawaban Anda |
5 |
|
Membuat sistem
kerja berbasis jadwal rotasi atau pembagian shift ringan bagi guru anggota
satgas sehingga tidak membebani pekerjaan inti mengajar. |
4 |
|
Mengintegrasikan
pekerjaan satgas ke dalam pembelajaran Bimbingan dan Konseling sehingga dapat
meringankan beban tim dari perwakilan guru. |
3 |
|
Meminta pimpinan
mengimbau para guru untuk memprioritaskan tanggung jawab mereka di satgas
agar satgas berjalan efektif. |
2 |
|
Mengusulkan agar
pimpinan sekolah memberi insentif tambahan bagi guru yang aktif dalam satgas
untuk meningkatkan motivasi mereka. |
1 |
Soal 5 dari 5
Anda adalah guru
matematika di sebuah SMA. Untuk mengajarkan konsep statistika, Anda merancang
sebuah proyek experiential learning yang dikemas dengan proyek
"Menganalisis Data dalam Kehidupan Sehari-hari". Para siswa akan
mengumpulkan data, menganalisisnya, dan mempresentasikan temuan mereka dalam
bentuk laporan dan presentasi. Anda berencana melibatkan guru Bahasa Indonesia
untuk membantu mereka dalam menulis laporan yang baik dan guru BK untuk
memfasilitasi keterampilan komunikasi dan kerja sama tim. Beberapa guru di
sekolah merasa proyek ini akan terlalu banyak melibatkan waktu di luar kelas
dan khawatir mengganggu jadwal pembelajaran mereka. Bagaimana Anda mengatasi
situasi ini?
|
JAWABAN |
BOBOT NILAI |
|
Mengadakan
diskusi kolaboratif dengan guru terkait untuk menjelaskan manfaat lintas mata
pelajaran dalam proyek ini, dan mengatur pembagian waktu agar tidak
mengganggu agenda utama pembelajaran. Jawaban Anda |
5 |
|
Menyusun ulang
rencana proyek agar tetap bisa berjalan dengan skala lebih kecil dan waktu
lebih fleksibel, sambil tetap mengajak guru yang bersedia untuk terlibat
sesuai dengan kemampuan. |
4 |
|
Menjelaskan
tujuan proyek kepada guru-guru yang akan terlibat dan meminta kesediaan mereka
untuk memberikan dukungan dengan waktu yang fleksibel atau secara tambahan di
luar jam kelas. |
3 |
|
Memutuskan untuk
menjalankan proyek ini hanya dalam lingkup mata pelajaran Anda tanpa
melibatkan guru lain agar tidak menimbulkan konflik waktu dan prioritas dalam
kegiatan pembelajaran. |
2 |
|
Menganalisis
kelebihan dan kekurangan pelaksanaan proyek ini, apabila lebih banyak
kekurangannya, mempertimbangkan untuk menunda proyek di semester depan agar
lebih siap. |
1 |
DOWNLOAD FILE PDF MODUL 2 TOPIK 3 PSE
0 Response to "JAWABAN LATIHAN PEMAHAMAN MODUL 2 TOPIK 3 (PSE)"
Posting Komentar
terimakasih atas komentarnya.