LATIHAN PEMAHAMAN PENDALAMAN MODUL 1 TOPIK 1
Soal 1 dari 5
Anda akan
mengajarkan salah satu cabang olahraga atletik, yaitu lari jarak jauh. Pada
kegiatan praktik, ada beberapa peserta didik yang menyatakan tidak sanggup
melakukan kegiatan tersebut dikarenakan baru saja sembuh dari sakit. Ada pula
yang menyampaikan bahwa mereka belum sempat sarapan. Tindakan apa yang Anda
lakukan sebagai guru mata pelajaran PJOK di kelas tersebut?
|
JAWABAN |
BOBOT NILAI |
|
Memastikan
kembali kondisi setiap peserta didik sebelum menentukan jarak lari yang akan dipraktikkan Jawaban Anda |
5 |
|
Mengubah jenis
lari ke lari jarak menengah agar setiap peserta dapat melakukan praktik lari |
4 |
|
Tetap meminta
peserta didik untuk lari jarak jauh meskipun beberapa diantaranya harus
pelan-pelan |
3 |
|
Menyadari bahwa
praktik lari jarak jauh tidak selalu dapat dilakukan oleh semua peserta didik |
2 |
|
Meminta peserta
didik yang tidak mampu untuk istirahat dan tidak melakukan kegiatan tersebut |
1 |
Soal 2 dari 5
Pada satu materi
belajar tentang poster sebagai media informasi, Anda berencana meminta setiap
peserta didik untuk berlatih membuatnya dengan tema budaya. Akan tetapi,
mayoritas peserta didik meminta Anda untuk membebaskan tema, sesuai dengan
minat masing-masing. Sebagai guru mapel IT, apa yang akan Anda lakukan ketika
menemui situasi tersebut?
|
JAWABAN |
BOBOT NILAI |
|
Membuat survei
minat peserta didik untuk dijadikan alternatif pembuatan tema sebelum
pembelajaran Jawaban Anda |
5 |
|
Mengizinkan
peserta didik untuk membuat poster sesuai dengan minatnya masing-masing |
4 |
|
Berupaya
memperluas tema poster sesuai keinginan peserta didik meskipun tidak terlalu
jauh dari tema budaya |
3 |
|
Memaklumi minat
peserta didik yang beragam dalam pembuatan tugas tersebut |
2 |
|
Meminta peserta
didik untuk membuat poster sesuai tema yang telah Anda tentukan |
1 |
Soal 3 dari 5
Anda adalah guru
kelas dengan peserta didik yang selama ini seluruhnya berasal dari suku Jawa.
Kebetulan semester ini ada peserta didik baru yang pindah dari luar Jawa, dan
tentu saja ia tidak menguasai Bahasa Jawa. Padahal selama ini Anda terbiasa
ketika di kelas menyelipkan Bahasa Jawa ketika menjelaskan sesuatu, meskipun
bahasa pengantar pembelajaran secara resmi adalah Bahasa Indonesia. Apa
kemudian tindakan Anda saat menghadapi situasi di atas?
|
JAWABAN |
BOBOT NILAI |
|
Melibatkan
peserta didik lain di kelas untuk mendiskusikan materi dalam bahasa Indonesia Jawaban Anda |
5 |
|
Menggunakan
bahasa Indonesia pada semua materi yang diajarkan di kelas |
4 |
|
Berniat
membiasakan diri agar selanjutnya dapat konsisten menggunakan Bahasa
Indonesia ketika mengajar |
3 |
|
Menyadari
tantangan yang dihadapi peserta didik pindahan dalam memahami materi |
2 |
|
Meminta peserta
didik yang baru pindah untuk segera belajar bahasa Jawa |
1 |
Soal 4 dari 5
Anda adalah guru
Bahasa Indonesia yang bermaksud melakukan literasi menulis pada peserta didik
di sekolah Anda. Literasi ini akan membantu peserta didik menuangkan gagasan ke
dalam tulisan dengan susunan kata dan bahasa yang efektif dan efisien. Namun
demikian, kemampuan menulis peserta didik di sekolah Anda sangat heterogen.
Beberapa di antara mereka cukup terampil dalam menulis, namun banyak juga yang
mengalami kesulitan. Apa yang Anda lakukan jika berada pada situasi ini?
|
JAWABAN |
BOBOT NILAI |
|
Membuat panduan
dan tugas yang berbeda sesuai dengan tingkat keterampilan menulis peserta
didik Jawaban Anda |
5 |
|
Meningkatkan
kompleksitas aktivitas hanya untuk peserta didik yang sudah memiliki
keterampilan menulis yang baik |
4 |
|
Mulai menugaskan
aktivitas menulis berdasarkan topik minggu ini berdasarkan kemampuan
masing-masing |
3 |
|
Menyadari adanya
perbedaan kemampuan awal dalam pengembangan keterampilan menulis peserta
didik |
2 |
|
Tetap menggunakan
metode pengajaran standar yang biasa dilakukan |
1 |
Soal 5 dari 5
Anda mengampu mata
pelajaran PJOK dan akan mengajarkan materi tentang permainan bola voli yang
menuntut penguasaan pengetahuan dan keterampilan. Di sisi lain, sekolah Anda
tidak memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk melakukan praktik,
sehingga Anda cukup kesulitan untuk melakukan proses pembelajaran dan
penilaian. Jika menemui situasi tersebut, apa yang akan Anda lakukan?
|
JAWABAN |
BOBOT NILAI |
|
Membuat panduan
observasi yang dapat digunakan semua guru PJOK meskipun sarana praktik di
sekolah terbatas Jawaban Anda |
5 |
|
Tetap akan
melakukan penilaian keterampilan dengan meminjam lapangan bola voli terdekat |
4 |
|
Berusaha menyusun
pedoman observasi sederhana pada gerakan-gerakan yang bersifat dasar |
3 |
|
Memahami
pentingnya metode observasi untuk mengetahui keterampilan praktik peserta
didik dalam bermain voli |
2 |
|
Hanya akan
memberikan tes yang bersifat tertulis dikarenakan keterbatasan sarana dan
prasarana praktik tersebut |
1 |
DOWNLOAD FILE PDF PPA MODUL 1 TOPIK 1
BACA JUGA👇👇👇
0 Response to "LATIHAN PEMAHAMAN PENDALAMAN MODUL 1 TOPIK 1"
Posting Komentar
terimakasih atas komentarnya.